Minggu, 13 November 2011


PERISKOP




A. DEFINISI PERISKOP
Periskop merupakan alat optik untuk mengamati dari posisi tersembunyi. Periskop sederhana dapat dibuat dengan menggunakan tabung yang diberikan cermin paralel yang saling berhadapan dengan sudut 45° pada setiap sisinya.
Periskop sederhana sering digunakan sebagai alat untuk melihat ketika dihalangi kerumunan orang. Periskop yang canggih biasa ditemukan pada kendaraan tempur lapis baja dan kapal selam .

B.    FUNGSI PERISKOP
Fungsi periskop adalah sejenis teropong yang biasanya terdapat pada kapal selam untuk mengamati keadaan di permukaan laut. Periskop dapat digunakan untuk melihat benda yang berada di atas batas pandang.



C.    PERKAKAS
      Perkakas yang digunakan diantaranya
1. Gunting
2. Cutter
3. Penggaris

      D. ALAT DAN BAHAN 
         2 Kotak pasta gigi 
             Lem. 
             Selotip. 
             Pensil. 
             Penggaris. 
             2 Cermin datar ukuran 3 cm × 3 cm.

E. DESAIN ALAT
*      Dengan menggunakan peralatan sederhana kita akan membuat sebuah periskop.
*      Kita akan menggunakan 2 buah kotak pasta gigi sebagai tabungnya. Di dalam kotak tersebut kita simpan dua buah cermin datar.
*      Periskop yang kita buat berbentuk balok seperti huruf S. Bentuk periskop ini disesuaikan dengankreativitasmu masing-masing.
*      Kamu boleh membuat bentuk yang lain asalkan periskop dapat digunakan.

F.    CARA MEMBUAT
a.    Buatlah persegi pada bagian depan atas kotak dengan ukuran 3 cm × 3 cm.
b.    Lubangi bagian persegi tersebut dengan menggunakan cutter.
c.    Letakkan cermin pada bagian atas tersebut dengan posisi miring dan bagian depan cermin menghadap ke bawah dan rekatkan dengan selotip.
d.   Buatlah persegi pada bagian bawah belakang kotak dengan ukuran 3 cm × 3 cm.
e.    Lubangi bagian persegi tersebut dengan menggunakan cutter.
f.     Letakkan cermin pada bagian bawah tersebut dengan posisi miring dan bagian depan cermin menghadap ke atas dan rekatkan dengan selotip.
g.    Potong kotak pasta gigi lainnya menjadi tiga bagian yang sama panjang dengan alas dan tutup yang terbuka.
h.    Tutup kedua lubang yang ada pada bagian depan dan belakang periskop dengan potongan kotak yang telah disiapkan. Rekatkan dengan menggunakan lem atau selotip,
i.      Amati teman-temanmu dari balik jendela yang ada di sekolahmu!
  

G. CARA MEMBUAT PERISKOP

H.    PENERAPAN DALAM PEMBELAJARAN
Melihat objek yang tidak kelihatan secara langsung dapat dilihat melalui alat ini, dengan melihat permukaan periskop maka dapat melihat objek yang tidak kelihatan tersebut 

I.    KESIMPULAN
Awak kapal selam yang berada di kedalaman laut dapat mengamati permukaan laut menggunakan periskop. Periskop menerapkan sifat cahaya yang berupa pemantulan. Cahaya dari atas permukaan laut ditangkap oleh suatu cermin, kemudian dipantulkan menuju mata pengamat di dalam kapal selam.

SALAM DARI KANG


1 komentar: